Buku Mewarnai Pelajaran Menyenangkan Anak TK PAUD

Kegiatan mewarnai menjadi kegiatan menyenangkan untuk anak, dengan membekali anak dengan buku mewarnai anak TK dan PAUD, membuat anak mempunyai media untuk menuangkan berbagai imajinasi mereka, selain juga untuk meningkatkan kreativitas serta mengetahui suasana hati anak. 

Bukan hanya menyenangkan mewarnai juga sarat akan banyak manfaat terutama bagi anak TK, salah satunya adalah menjadi media pelajaran untuk anak TK. Secara umum anak berusia 3 sampai 5 tahun, dapat diperkenalkan dengan berbagai alat tulis.


Secara umum kegiatan mewarnai membantu dalam mengembangkan kecerdasan anak, terutama dalam melatih otak kanan yang mendominasi bidang seni. Begitu banyak manfaat mewarnai bagi perkembangan anak, hingga tidak mengherankan banyak disarankan untuk memperkanalkan dunia mengwarnai pada anak sejak dini terutama anak pada usia prasekolah. 

Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah beberapa manfaat mewarnai bagi anak, khususnya anak TK dan PAUD.

Media untuk Mengenal Warna secara Lebih Mudah
Membiasakan anak melakukan kegiatan mewarnai dapat membantunya untuk mengenal warna secara lebih mudah.

Melatih Koordinasi antara Mata dengan Tangan
Pada awalnya hasil mewarnai anak mungkin akan cenderung tidak sesuai, hal ini dikarenakan anak yang baru pertama kali mewarnai akan sedikit mengalami kesulitan hingga terkadang keluar garis batas. Namun karya mewarnai yang dihasilkan anak akan semakin baik ketika anak sering berlatih, hal ini karenakan kegiatan ini dapat melatih kemampuan koordinasi antara mata dengan tangan.

Melatih Fokus dan Kosentrasi Anak
Berusaha untuk menyelesaikan karya mewarnainya tanpa terpengaruh oleh orang-orang yang ada disekitar serta dapat menjadi media belajar bagi anak untuk melatih konsentrasi dan fokusnya.

Melatih Kreativitas Anak
Mewarnai sebuah gambar akan menuntut anak untuk mengkomposisikan warna-warna yang berbeda namun tetap terihat serasi dan seimbang. Hal ini dinilai dapat turut melatih kreativitas anak.

Melatih Kemampuan Motorik Halus
Tahapan mewarnai seperti memilih krayon, kemudian memegang serta menggunakan krayon tersebut merupakan kegiatan yang akan melatih kemampuan motorik anak seperti otot jari, pergelangan tangan serta lengan. Jika kemampuan motorik ini semakin baik terutama pada otot jari maka anak tidak akan mengalami kesulitan lagi ketika harus belajar menulis, menggunting, bermain piano dan masih banyak lagi.