Kurikulum PAUD 2013

Kurikulum PAUD 2013 merupakan seperangkat rencana yang akan dilaksanakan selama proses pembelajaran, sehingga dibutuhkan oleh setiap satuan pendidikan. 

Kurikulum PAUD akan disiapkan oleh satuan PAUD bersangkutan dan disesuaikan dengan kebutuhan anak yang mengacu pada dalam Peremendiknas No.58 Tahun 2009 mengenai Standar PAUD. 

Setiap anak akan diberi kesempatan untuk dapat mengembangkan diri sesuai dengan potensi masing-masing. Pendidik bertugas untuk membantu, jika anak membutuhkan.


Kurikulum PAUD terdiri atas seperangkat bahan pembelajaran yang meliputi beberapa perkembangan seperti perkembangan moral dan agama, fisik-motorik, perkembangan kognitif, bahasa, serta sosial emosional.

Setiap Lembaga PAUD boleh mengembangkan kurikulum sendiri-sendiri yang sesuai dengan ciri lembaga masing-masing namun harus memenuhi prinsip dan capain perkembangan minimal yang terkandung dalam Permendiknas No. 58 Tahun 2009 mengenai Standar PAUD. 

Kemampuan siswa yang tercantum dalam Permendiknas adalah kemampuan anak pada umumnya, Jika pada kenyataannya capaian anak-anak melampaui atau dibawah usianya. Hal seperti itu dianggap wajar.

Untuk menyusun kurikulum PAUD 2013 memerlukan komponen-komponen berikut:
  1. KTSP
  2. Kalender Pendidikan
  3. Program Tahunan
  4. Program Semester
  5. Rencana Kerja Mingguan
  6. Rencana Kerja Harian 
  7. Komponen-komponen penilaian
Selain dari ke-7 hal diatas masih ada komponen yang perlu dilengkapi dalam proses KBM PAUD. Mudah-mudahan bisa kita bahas dilain kesempatan.

Untuk PAUD Non-Formal tetap harus memenuhi komponen diatas, apalagi untuk PAUD formal maka wajib memenuhi komponen itu.

Kegiatan belajar dan mengajar tidak akan lancar jika Kurikulumnya masih acak-acakan. Rapikan dan lengkapi administrasi kurikulum PAUD kita. Miliki panduan buku PAUD yang bisa kita dapatkan dengan mudah.

Itulah sekilas tentang kurikulum PAUD 2013.