Perkembangan Bahasa Pada Anak TK

Perkembangan adalah suatu perubahan yang berlangsung selama hidup dengan berubahnya struktur dan fungsi tubuh menjadi lebih kompleks baik dalam kemampuan gerak kasar, gerak halus, bicara dan atau bahasa serta sosialisasi dan kemandirian. 

Ciri-ciri pertumbuhan serta perkembangan anak diantaranya menimbulkan perubahan, berkolerasi dengan pertumbuhan serta memiliki tahap yang berurutan dan mempunyai pola yang tetap.


Perkembangan berbicara serta menulis adalah suatu proses yang menggunakan bahasa ekspresif dalam membentuk arti. Perkembangan berbicara awal pada anak yaitu dengan menggumam atau membeo.

Seorang bayi semakin hari akan mengalami perkembangan bahasa serta kemampuan bicara, tapi setiap anak berbeda dalam pencapaiannya, ada yang lebih cepat berbicara dan ada pula yang butuh waktu cukup lama. Untuk membantu perkembangannya orang tua dapat membantu memberikan stimulasi yang dibutuhkan dengan keunikan masing-masing anak.

Sejalan dengan perkembangan kemampuan dan kematangan jasmani terutama yang bertalian dengan proses bicara, komunikasi tersebut semakin meningkat dan meluas, misalkan dengan orang di sekitarnya lingkungan serta berkembang dengan orang lain yang baru kenal dan bersahabat dengannya.

Terdapat perbedaan antara pengertian bahasa serta berbicara. Bahasa mencakup semua bentuk komunikasi, baik yang’diutarakan dalam bentuk lisan. tulisan, bahasa isyarat, bahasa gerak tubuh, ekspresi wajah pantomim atau seni. Sedang bicara adalah bahasa lisan yang merupakan bentuk paling efektif untuk berkomunikasi dan paling banyak dipergunakan. 

Perkembangan bahasa selalu meningkat sesuai dengan bertambahnya usia anak. Sang Ibu sebaiknya selalu memperhatikan perkembangan tersebut, karena pada masa-masa itu sangat menentukan proses belajar. Seperti dengan memberi contoh yang baik serta memberikan motivasi pada anak untuk belajar dan seterusnya.